Kamis, 03 Maret 2011

Bunga dan Warna: Chosen by Purpose

Banyak yang pikir kalau ide bunga dan warna kita ini datang dari sebuah pemikiran iseng dan cuma mau cari rame aja. Tetapi, sebenarnya pemilihan warna gold and black dan bunga matahari ini adalah sebuah pemilihan yang sengaja dilakukan dan pemilihannya juga hati-hati.

Bunga matahari dan warna Gold and Black; alasannya adalah ini:



BUNGA MATAHARI
Dengan mahkota kuning cerah menyebar dari pusatnya, bunga matahari tidak hanya menyerupai matahari, mereka juga akan selalu mengarahkan wajahnya ke matahari. Arti bunga ini adalah kehangatan dan kekaguman, juga dianggap sebagai tanda umur panjang.

Bunga ini sebetulnya adalah bunga majemuk, tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol. Bunga matahari juga memiliki perilaku khas, yaitu bunganya selalu menghadap ke arah matahari  atau heliotropisme.

Semua bagian dari tumbuhan ini memiliki khasiat. Bunganya punya efek menurunkan tekanan darah dan mengurangi rasa sakit (analgesik). Bijinya sebagai antidisentri dan merangsang pengeluaran cairan tubuh dan campak. Daunnya berkhasiat antiradang, analgesik, dan antimalaria. Akarnya pun punya khasiat untuk antiradang, peluruh air seni, pereda batuk, dan analgesik. Sedangkan, sumsum batang dan daar bunganya berkhasiat merangsang energi vital, analgesik, menenangkan liver, dan masih banyak lagi.



WARNA HITAM
Arti: Elegan, kuat, sophisticated
Hitam punya reputasi buruk. Warna ini dipakai oleh para penjahat di komik atau film. Hitam juga melambangkan duka dan murung. Tapi, hitam juga punya sisi lain, misalnya saja untuk menyatakan sesuatu yang abadi, klasik, dan secara universal dianggap sebagai warna yang melangsingkan.

Walaupun hitam sering memiliki konotasi negatif seperti kematian dan kejahatan, hitam juga dapat menjadi warna kekuatan dan keanggunan, tergantung bagaimana hitam itu digunakan. Warna hitam cocok dipadukan dengan semua jenis warna.
Berkesan elit, elegan, memesona, kuat, agung, teguh, dan rendah hati. Tak seperti putih yang memantulkan warna, hitam menyerap segala warna. Dengan hitam, segala energi yang datang akan diserap

Menunjukkan warna simbol kekuasaan dan ketangguhan. Dalam pemilihan warna busana, hitam sering digunakan untuk menunjukkan kesan kurus dan langgeng.  




Nah, sayangnya orang-orang banyak berpikir kenapa pemilihan warna kali ini hitam? Dan saya coba menjawab dengan menguraikan beberapa hal seperti berikut ini.

Coba kita pikirkan, sebenarnya warna hitam adalah warna yang menjadi korban. Orang-orang mencoba mengkategorikan segala sesuatu dengan warna. Contohnya, warna merah diasosiasikan dengan kesucian, warna pink dihubungkan dengan cinta; warna ungu sekarang ini sudah menjadi warna modern dengan citra janda, dan malangnya, warna hitam kena dengan konotasi negatif orang-orang dengan predikat simbol duka atau kegelapan.
.. kasihan sekali..

Tahukah kalian bahwa warna kematian saudara-saudara kebangsaan Cina kita adalah warna putih?

Sadar nggak kalo selama ini kalian sering pake bawahan (entah itu celana ato rok) berwarna hitam, sering pake seragam untuk nyanyi warna hitam, berjubah penamatan warna hitam... hehehe?

Maksud dari penulisan ini hanyalah untuk memaparkan bahwa pemilihan warna semata-mata tidaklah menjadi cerminan tingkah laku atau pun patokan masa depan kita. 
Maksud saya adalah bahwa kita harus bisa melihat sesuatu dari sisi positif instead of its negative side...

Remember, you are not what color you choose; but you are what you are reflecting to. So, today, choose to reflect Jesus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar